Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Danau Sipin, Saling Klaim Kepemilikan Tanah



Danau Sipin Kota Jambi
Danau Sipin yang terletak di kawasan Telanaipura Kota Jambi ini, direncanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov), untuk dijadikan sebagai lokasi wisata. Namun, hal ini pun menuai masalah. Pemerintah dan masyarakat menjadi saling klaim atas kepemilikan tanah di lokasi tersebut.

“Masyarakat setempat sering kesal dengan pernyataan pemerintah, yang mengatakan tanah di kawasan Danau Sipin adalah tanah pemerintah. Namun kenyataannya, tanah itu adalah milik warga setempat,” ujar Siti Fatimah, Warga Setempat.
Siti menyebutkan, salah satu tanah yang diklaim oleh pemerintah tersebut adalah tanah miliknya. Menurutnya, tanah miliknya tersebut pernah digugat di pengadilan, karena dianggap milik pemerintah.

“Pada tahun 2001 itu pernah digugat di pengadilan. Hingga saat ini saya tidak akan melepaskannya. Dengan memiliki bukti yang kuat, saya tetap mempertahankanya. Saya sering kesal dengan Pemda, yang katanya ingin penghijauan, dengan menggunakan tanah warga. Sehingga di tahun berikutnya, pemerintah pasti akan mengklaim, bahwa tanah itu miliknya. Oleh karena itu, sekarang saya menanam sawit di tanah itu,” tegasnya.

Terkait gambaran teralisasinya wacana tersebut Guntur menyebutkan bahwa belum ada kepastian untuk hal tersebut. “Kalau gambaran, mungkin belum bisa saya sampaikan. Akan tetapi kalau bisa cepat kenapa tidak. Lebih cepat lebih baik. Oleh karena itu, hal ini perlu didiskusikan bersama. Agar masyarakat Jambi tidak selalu bertanya-tanya,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Vetmaizar Wetra, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Parawisata (Porabudpar) Kota Jambi mengatakan, bahwa wacana pemerintah tersebut merupakan hal yang juga menjadi perhatian pemerintah Kota Jambi.

Adapun langkah yang telah dilakukan adalah, dengan memperkenalkan lokasi tersebut kepada masyarakat Jambi. Untuk pengembangan lokasi wisata tersebut ia mengatakan, telah berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Jambi. 

“Wacana pemerintah provinsi dalam pegembangan Danau Sipin sebagai tempat wisata, merupakan program yang juga menjadi perhatian pemerintah kota sendiri. Langkah- langkah yang dilakukan adalah, telah mencoba memperkenalkan kepada masyarakat Kota Jambi tentang Danau Sipin,” katanya.

Hal ini dilakukan dengan melalui melaksanakan perlombaan perahu dayung di kawasan Danau Sipin. Walikota pun pernah mengunjugi lokasi Danau Sipin. Oleh karena itu, Dinas Porabudpar Kota Jambi selalu berkoordinasi dengan pihak Budpar Provinsi Jambi, dalam mewujudkan Danau Sipin sebagai tempat wisata
.

Reporter: Andri Mustari
Foto: Rino
Editor: Novriana Dewi
(Sumber: telah terbit di Harian Jambi pada 7 Desember 2013, Edisi Pagi)

Posting Komentar untuk "Danau Sipin, Saling Klaim Kepemilikan Tanah "