Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Anak Kos, dan “Mie”

Antre mandi, jarang makan, suka begadang, menu makan nggak jauh-jauh dari mie dan telur. Gue prediksi, kalian pasti anak kos.
 ------------------------------------------

Masa SMA Gue udah ngerasain gimana rasanya jadi anak kos. Ya waktu itu jenis kosnya masih kos pingit. Pingit itu apa ya, anggap aja kos kamar dengan peraturan serta pengawasan yang super ketat dari ibu kos. Dan makan pun catering, kira-kira begitu.

Meskipun berprofesi sebagai anak kos dengan makan catering, Gue juga akrab dengan menu yang biasa disantap anak kos tanpa peraturan ketat dari ibu kos “mie instan rebus, pake telur”.

Setiap pagi menu menyebalkan ini tak pernah terlewatkan. Dan na’asnya, ibu kos selalu ngeteh di sebelah meja makan setelah menghidangkan soto versi mie instan buatannya. Saatnya memanggil para penghuni kos, dan.. “Ayo cepat dimakan, nanti medok,” ibu kos bilang begitu. Pengen teriak tapi nggak berani, akhirnya ditelen dengan wajah super pilu.

“Bisa dibungkus nggak ya…?” :’(                                                             

Akibat insiden pagi yang rutin terjadi ini, Gue jadi trauma dengan kata “mie”. Jangankan melihat apalagi mencium aromanya, mendengar kata “mie” perut sontak muter-muter kayak blender. Loe bayangin deh pilunya gimana.

Trauma ini maksain Gue mutar kepala, gimana caranya menghindari insiden yang selama ini tak terlewatkan itu? Meletakkan telunjuk kanan hidung, berpindah ke atas hidung, hingga berpindah ke jidat. Mondar mandir di dalam kamar hingga bersemedi layaknya suffy. Gue sedang mencari hidayah. Dan.. AHAAAAAA… Gue punya ide.

Ada dua cara yang kemungkinan efektif menghadapi si soto instan buatan ibu Kos. Menghadapinya secara gentle tapi licik, atau menghindari dan terima resiko, DIMARAHI. Oh My God….. Gue hampir lupa kalau Ibu kos sungguh galak (Kebayang mimik wajahnya L).

Gue coba cara yang pertama. Menghadapinya secara gentle tapi licik.

Oke.. matahari udah terang, waktunya sarapan dan berangkat ke sekolah. Seperti biasa, soto versi mie instan udah siap di depan mata. Saatnya menyantap, oppsss.. tunggu dulu.

“Nek, saya makan di kamar aja,” Sapa Gue ke ibu kos (ambil mangkuk dan langsung pergi).

Loe pikir Gue langsung ke kamar dan makan tu soto? Enggak brayyy.. Gue ke tetangga sebelah yang ada tong sampahnya. Dengan sangat menyesal dan penuh rasa bersalah, tu soto Gue buang dengan sangat terhormat.

“Oh mie, maafin Gue. Gue nggak bermaksud nyia-nyia’in loe, :’(.

Tak tik ini mampu bertahan hanya dalam waktu beberapa minggu. Lama-lama, nggak tega juga Gue harus buang-buang semangkuk soto versi mie instan setiap pagi. Kalau dihitung-hitung, berapa duit yang udah Gue buang. Dan akhirnya, Gue memutuskan untuk menggunakan strategi yang ke dua.

Strategi yang kedua agak sedikit lebih sadis. Tapi Gue harap ini berhasil. Tingkat kesensitifan ibu kos sangat menentukan keberhasilan strategi ini. Apa strateginya, coba kita simak.

Hari ini Gue bangun lebih subuh dari subuh biasanya. Gue mandi paling duluan, bersiap paling duluan, dan pergi sekolah paling duluan. Yap, berangkat sebelum mie tersuguhkan. Al hasil, Gue sarapan di sekolah dengan menu “Nasi Gemuk”. Biarin deh gemuk karna nasi, gemuk karna mie posturnya melar kan. Eughhhh……..

Beberapa hari terlewati, bu kos mulai nanya, kamu sarapan dimana, kok berangkatnya pagi mulu? Gue langsung jawab, suka ngerjain PR di sekolah nek, sambil sarapan nasi gemuk di kantin. “O gitu,” bu kos langsung diam.

Dan besoknya, bu kos manggil Gue waktu Gue lagi mengkreasikan tali sepatu Gue jadi sebuah pita. Ya, pita. Anggaplah begitu. “Kenapa nek?,” jawab Gue. Ini nasi gemuk buat sarapan di sekolah. “OH MY GOD! Senengnyaaaaa……..”

Hari ini Gue bener-bener merdeka dari mie. Dan sejak itu, menu sarapan gue suka berubah-ubah. Nggak selalu mie instan rebus doank, tapi suka gonta ganti sama menu lain, kalau ngga nasi gemuk, kadang juag lontong. Alhamdulillah…. Merdeka dari mie!

Kuliah..

Cerita Gue kuliah masih berkelut dengan tragedy mie. Kali ni Gue kos nggak pake catering, tapi masak sendiri. Anak kos yang judulnya masak sendiri, pasti udah akrab banget sama mie. Karna rasa trauma Gue ke mie rebus udah mulai luntur, Gue hajar lagi ni dengan mie rebus.

Sebenarnya Gue masak mie rebus juga karna terpaksa. Kadang karna capek dan kelaperan, sehingga memaksa Gue harus masak makanan yang cepat dan instan, akhirnya Gue milih mie. Trus kadang juga karna sibuk, jadi pengennya yang praktis-praktis, kadang juga karna malas sih. Hehe…

Yang namanya trauma, ternyata bisa balik lagi meskipun udah sembuh. Lama-lama rasa eneg Gue sama mie instan, terutama mie rebus makin akud. Kali ni Gue benar-benar eneg sama mie rebus. Ganti menu deh, “telur gorengggggg”.

Rasa trauma sama mie rebus memang dahsyat membekasnya. Bahkan sampai Gue kuliah S2 pun, Gue masih suka eneg sama mie rebus. Gue bahkan hamper lupa betapa nikmatnya menyeruput mie rebus pake telor, yang ditambahin cabe rawit iris semasa SMP dulu. Kenangan pahit menghapus kenangan lama yang manis itu. Sungguh kejam.

Buat anak kos, usahakan jangan jadi pemangsa mie ya. Selain nggak sehat, mie instan juga bisa bikin loe trauma. Contohnya Gue ni. Dan sekarang Gue harus rajin therapy buat ngilangin rasa eneg Gue terhadap mie rebus. Caranya ya, dengan enggak lagi makan mie rebus. Sungguh anak kos.



Penulis                        : Novriana Dewi

Posting Komentar untuk "Menjadi Anak Kos, dan “Mie”"