Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Raya di Kos, Mayoritas Loe Pasti Ngerasain Inilah..

CERITAGUE - Ini tahun ke dua gue ngerayain Idul Adha tanpa satupun keluarga di samping gue. Apa rasanya? Sedihlah.. meskipun bukan hal baru lagi, tapi rasa cinta dan sayang gue ke keluarga bikin hal-hal kayak gini tuh berasa pahit banget. Mungkin ini berlebihan, tapi gue serius.

Yang gue bayangin.. nyokap gue masak apa ya? Ada berapa biji ketupat di kuali gede yang biasa dikeluarin kalau lebaran doank..? Ayam jago mana lagi yang bakal dibasmi sama bokap gue? Dan.. mereka sedih nggak ya lebaran tanpa gue…? 

Perihal pertanyaan terakhir, gue yakin mereka juga mengalami rasa yang sama sama gue. Bedanya, mereka sedihnya bareng-bareng sedangkan gue sendiri. Eh, nggak juga sih.. gue punya beberapa temen sependeritaan lainnya di kos. Alhamdulillah...

Gue sering banget denger, kalau orangtua tu nggak bakal doyan makan enak kalau inget anaknya yang lagi di perantauan. Apalagi hari raya gini, bokap nyokap gue pasti menerka-nerka, “kira-kira anak gue makan ketupat nggak ya di Jakarta”. Gue pastiin rasa kayak gini tu pahitnya lebih pahit dari jamunya bu de gendong.

Ya.. dulu gue sering banget beli jamu gendong kalau lagi di rumah nenek gue. Karena gue nggak pernah kenalan sama bude-bude jamunya, gue putuskan untuk manggilnya dengan sebutan istimewa, ‘bude gendong’. Lumayan eksotis nan tradisional.

Sebagai anak yang baik hati, murah senyum dan jarang banget nabung karena duit gue selalu pas-pasan, gue nggak rela bokap dan nyokap gue ngerasain pahitnya nggak makan ketupat di hari raya. Gue udah prediksi, sebelum gue nelfon, nyokap gue pasti udah nelfon gue duluan setelah pulang shalat ‘id di masjid.

Gini guys, pulsa gue tinggal Rp 2 ribu doank. Pulsa segini harus gue hemat-hemat demi mempertahankan foto ganteng yang terhormat Iskandar Dinata di dompet gue, supaya nggak tiba-tiba berubah jadi yang terhormat Kapitan Patimura. Gue khawatir kalau ini terjadi, hati gue akan semakin terasa pilu tercabik-cabik. So, gue cukup mandangin hanphone dan nunggu nyokap gue nelfon.

Gue prediksi pertanyaan nyokap gue besok kira-kira kayak gini, “Shalat ‘id di mana? Dengan siapa? Sekarang lagi ngapain?” Oke. Pertanyaan-pertanyaan kayak gini tu mudah banget jawabnya. Sambil merem juga bisa. Tapi gue tau, bakal ada satu pertanyaan yang bikin gue galau sampai dini hari. Karena nyokap gue pasti bakal nanya, “Makan apa?”.

Selamat hari raya Idul Adha semuanya.. para indekos-erssss… kalian nggak sendiri. Gue adalah salah satu di antara kalian. Xixixixixiiiiiiiii…




Novriana Dewi





2 komentar untuk "Hari Raya di Kos, Mayoritas Loe Pasti Ngerasain Inilah.."