Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Doyan Ngopi?


Esensi ngopi bagi gue, bukan terletak pada nikmatnya aroma kopi dan kelezatan rasanya. Esensi ngopi bagi gue, ada pada obrolannya. Kenapa? Karena setiap ngopi selalu ada bahan obrolan yang bikin gue semakin sadar, bahwa ada banyak hal di dunia sana yang nggak gue ngerti.

Dalam setiap tetes kopi yang gue hirup, pun sambil mendengarkan obrolan ringan di kanan, kiri dan orang-rang yang ada di hadapan gue. Tanpa kopi, gue bukan apa-apa, bukan siapa-siapa. Tanpa kopi, gue nggak bakal tau apa-apa, apapun.

Kadang saat gue pengen ngopi dan nggak ada yang bisa dan mau gue ajak ngopi bareng, gue bakal datengin kedai kopi favorit gue sendiri, iya sendiri. Bukan masalah sih bagi gue. Mungkin itu adalah waktu yang disediakan agar gue mampu berdiskusi dengan diri sendiri. Memecahkan permasalahan dan keresahan sendiri, di meja kopi, pun sendiri.

Gue nggak ngaku-ngaku punya banyak temen, tapi lumayan sih.. dan gue paling demen berteman sama orang yang doyan ngopi. Kenapa? Biasanya orang doyan ngopi tuh nggak pelit. Maksud gue bukan pelit duit, tapi ilmu, pengalaman, cerita, nasihat, masukan. Pengalaman gue, pecinta kopi biasanya royal banget sama beberapa poin yang gue sebutin di atas tadi. Dan ini yang bikin gue demen banget lama-lama di meja kopi.

Gue nggak ngerti kopi, gue penikmat kopi tapi gue bukan hantunya hantu kopi. Ada 2 jenis kopi yang gue tau, kopi hitam dan kopi mix. Udah, itu doank.. selebihnya gue nggak tau. Yang gue tau, ngopi itu menyenangkan. Layaknya kuliah, 10 persen edukasi yang gue dapetin mungkin dari kampus, selebihnya ya meja kopi. Sebegitunya kah gue belajar dari kopi? Jawabanya, iya memang sebegitunya.

Ini cerita gue, gue sangat banyak termotivasi, terinspirasi, dan terdidik di meja kopi. Ada banyak nama yang udah bikin mental gue kebentuk, hingga akhirnya gue bisa sampai di sini. Perjalanan gue memang belum jauh, tapi seenggaknya gue bahagia karena perlahan gue sadar, kalau gue nggak punya apa-apa, gue nggak bisa apa-apa, dan gue harus lebih banyak belajar lagi soal dunia. Dan kesadaran itu gue dapetin hanya di meja kopi.

Dulu gue pernah nangis-nangis karena gue ngerasa hidup gue waktu itu bulsyitt banget. Gue sempat benci sama diri gue dan orang-orang di sekeliling gue, yang udah bikin hidup gue nggak berarti dan nggak berguna. Dan apa, gue bisa bangkit karena kopi. Meja kopi yang udah bangkitin semangat gue. Meja kopi yang udah bikin gue berani menantang hidup. Ya, hanya di meja kopi. Bahkan tanpa kopi, gue nggak akan bisa nulis yang kayak beginian. Gue belajar nulis, awalnya juga dari kopi.

Gue juga banyak dapetin guru dari meja kopi. Sebagian besar penasehat gue juga berawal dari meja kopi. Dan gue yakin, sebagian  besar orang-orang sukses barangkali terlahir dari meja kopi. Dan semoga gue salah satu di antaranya. Amin..

Melalui tulisan ini, gue mau ucapin sesuatu yang sedalam-dalamnya dari lubuk hati gue yang paling tulus dan terdalam, buat orang-orang yang udah ngedidik gue di meja kopi, buat orang-orang yang memotivasi gue, menginspirasi gue, nasehatin gue, marahin gue dan bentak-bentak gue di meja kopi, dan gue tau itu adalah demi yang terbaik buat gue. Terimakasih, telah ngajarin gue mencoret-coret buku hidup gue dengan pulpen yang bertinta. Please, jangan kapok ngajak gue ngopi. Dan please, saat gue banyak duit nanti, jangan lupa suruh gue yang bayar kopinya.

Hehe… salam kopi.





Penulis   : Novriana Dewi

1 komentar untuk "Kenapa Doyan Ngopi?"

  1. kenapa kopi mba? apa bedanya dengan minuman yang lain? seperti susu atau teh?

    BalasHapus