Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelang Ramadan, Beginilah Kira-kira Bapernya Anak Rantau alias Indekosers

Sebentar lagi Ramadan, biasanya saat-saat begini, anak rantau alias indekosers atau alias para anak kos akan mengalami fase-fase kerinduan mendalam sama keluarga. Ya, termasuk gue.
------------

Hal pertama yang gue bayangin, apa menu sahur dan menu buka pertama orangtua dan adik semata wayang gue? Gimana suasana tarawih pertama di kampung gue, dan sedingin apa hembusan udara di hari pertama bulan ramadan di kampung gue? Pasti sejuk banget.

Mungkin khayalan dan imajinasi gue tingkat tinggi kali ini. Buat para calon anak kos yang belum pernah ngekos dan baru mau nge-kos gue kasih tau, khayalan-khayalan anak kos emang begitu. Terkadang, justru hal-hal sederhana di kampung halaman yang bikin mereka kangen. Ngupil di teras rumah sambil nikmati angin-angin sepoy misalnya, sengaja ke warung saat ujan petir padahal cuma pengen main ujan, atau makan jengkol sepuasnya saat makan siang tanpa harus mikirin mahalnya harga jengkol di kota besar. Semua sederhana tapi nikmat, dan ngangenin.

Ngomong-ngomong soal makan, menu yang paling gue idam-idamkan saat buka puasa pertama nanti itu pempek/ empek-empek atau apalah itu namanya, makanan dari tepung sagu yang kenyal-kenyal enak pake cuka. apalagi kalau ada cendol, pasti enak banget. Apalagi kalau yang bikin emak gue (tiba-tiba Baper/ Bawa Perasaan), pasti enak banget. Apalagi kalau makannya di meja makan yang sama dengan emak, bapak dan adik gue (Makin Baper), hmmm... pasti makin nikmat. Tapi gue tau itu cuma khayalan.

Plokkkkkkk', gue pecahin balon khayalan di kepala gue.
Oke, Saatnya balik ke dunia nyata.

Beberapa hari lalu, gue main ke tempat senior gue. Nggak perlu gue sebutin namanya, karena gue nggak mau senior kesayangan gue ini kedetek penjahat. Cukup gue dan Tuhan yang tahu siapa orang-orang teristimewa gue di perantauan ini.

Pertanyaan yang bikin gue terharu, gue sempet berlinang-linang tapi gue pura-pura bahagia ceria dan tertawa. Di hadapan para-para orang teristimewa perantauan gue lainnya beliau nanya. Kira-kira pertanyaannya begini, "kalian sahur dan buka puasa mau di mana?".

Pertanyaannya sederhana, ringan, tapi kenapa ya gue Baper banget. Tiba-tiba gue ngeliat aura emak gue di sela-sela pertanyaan itu. Barangkali, pertanyaan itu adalah jawaban dari doa emak gue yang nggak mau gue makan nasi lauk telor goreng dan sendiri di kos saat hari pertama puasa gue.

Meskipun udah keseringan makan lauk telur goreng dan nyaris udah menjadi kebiasaan, tapi tetap, itu menyedihkan teman. Momen-momen begini, anak kos emang suka lebay dan Baper. Dan itu wajib untuk dimaklumi. Ingat, wajibbb dimaklumi.

Oke cerita gue lanjutin. Akhirnya dengan tanpa ditawarkan gue memutuskan untuk membuka lembaran puasa pertama ramadan gue tahun ini dengan berbuka puasa di rumah senior gue yang tadi. Gue bilang, gue mau buka puasa di sana (rumah senior teristimewa gue yang tadi). Dan yang lain juga begitu. Akhirnya, sama seperti tahun lalu, kita akan buka puasa bersama dengan keluarga tanpa sedarah di sini, di Jakarta.

Nih... gue kasih tau lagi buat para-para yang belum mengerti sikologi anak kos, bahwa anak kos terkadang butuh perhatian sederhana yang bikin mereka ngerasa punya keluarga, meskipun di perantauan mereka nggak punya keluarga sedarah sama sekali.

Bagi mereka (perantau/ anak kos), temen, sahabat, kakak angkat, orangtua angkat, saudara angkat, atau apapun lah yang diangkat-angkat, adalah pengganti keluarga yang akan memberikan motivasi, kekuatan, dan ketenangan bagi mereka-mereka para perantau. Makanya, anak-anak kos tuh biasanya solid. Kenapa? Karena sebenernya, mereka butuh keluarga. Mereka hakikatnya adalah manusia yang nggak bisa hidup sendiri tanpa teman, tanpa sahabat dan tanpa keluarga.

Di akhir tulisan gue kali ini, gue mau ucapin etrimakasih buat senior gue dan siapapun yang udah anggap gue keluarga di sini (di Jakarta). Terimakasih udah buat gue nggak kesepian, buat gue nggak ngerasa hidup sendiri, dan buat gue masih bisa ngerasain nuansa keluarga meskipun emak dan bapak gue nun jauh di kampung sana. Terimakasih.





Dari Gue,
Novriana Dewi


Mampir juga,
Hari Raya di Kos, Loe Pasti Ngerasain Inilah.. 
Menjadi Anak Kos dan "Mie"



Posting Komentar untuk "Jelang Ramadan, Beginilah Kira-kira Bapernya Anak Rantau alias Indekosers"