Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Basmi Ratusan Semut di Laptop


Aku mau berbagi tips buat sahabat-sahabat yang laptopnya diserang puluhan bahkan ratusan semut.

Sebelum berbagi tips aku cerita dulu. Suatu malam tiba-tiba bos kantor memberikan tugas pekerjaan yang harus dikirim saat itu juga. So, aku langsung ambil laptop yang tersimpan rapi di lemari. Awalnya nggak ada rasa curiga sama sekali karena lemari aku masih rapi, dalam kondisi bersih, tidak ada makanan apapun yang berpotensi mengundang semut, dan tidak ada penampakan hewan apapun termasuk semut.

Laptopku terbungkus softcase dan memang selalu terbungkus softcase kalau sedang tidak digunakan. Dan kaget bukan main ketika aku buka softcase-nya ternyata ada gumpalan semut di sudut belakang tengah softcase, tepat di atas laptop. Entah semut-semut ini datang dari mana.
Panik dong ya.

Sontak aku langsung ambil laptopnya dan membersihkan bagian luar dan dalam lipatan laptop yang semutnya aku rasa jumlahnya ratusan. Semutnya kecil-kecil halus, berwarna merah, dan efek gigitannya sangat gatal.

Aku langsung searching di internet dan posting status di whatsapp untuk mencari tahu bagaimana caranya mengeluarkan semut yang masih terjebak atau mungkin sudah bersarang di dalam laptop. 

Banyak rekomendasi yang aku dapat, mulai dari mengoleskan minyak kayu putih atau bensin ke bagian luar kipas laptop, mengoleskan kapur ajaib yang sudah ditumbuk ke bagian keyboard dengan menggunakan blush on atau kuas, menggunakan kapur barus yang dibungkus rapat di dalam plastic bersamaan dengan laptop, hingga menyemprotkan baygon ke tissue dan membungkusnya rapat-rapat ke dalam sebuah plastik bersamaan dengan laptop.

Karena di kamar ada minyak kayu putih, akhirnya aku coba opsi yang pertama yakni mengoleskan minyak kayu putih ke bagian ventilasi kipas laptop dengan kondisi laptop menyala. Semut tidak menyukai aroma minyak kayu putih, sehingga cara ini ternyata berfungsi efektif untuk mengusir semut satu per satu keluar dari laptop.

Setelah kurang lebih dua jam berjalan, dengan gterus mengoleskan minyak kayu putih di bagian luar kipas laptop, aku masih gelisah dan curiga masih banyak semut yang terjebak di dalam laptop, karena maish ada saja satu per satu semut yang keluar baik dari keyboard ataupun kipas.

Akhirnya aku coba lagi opsi lainnya, yakni menyemprotkan baygon ke tissue dan membungkusnya rapat-rapat ke dalam sebuah plastik bersamaan dengan laptop. Aku membungkusnya dengan plastic bening supaya bisa terus memantau semut-semut yang keluar dari laptop.

Setelah beberapa jam, terlihat beberapa semut bertebaran di tisu dalam kondisi Sudha mati. Aku biarkan sampai dua hari, dan hasilnya, banyak sekali semut yang menempel di tisu dalam kondisi mati.

Untuk memastikan tidak ada lagi semut dalam kondisi hidup di dalam laptop, aku pun mengeluarkan laptop dari dalam plastik tadi. Aku nyalakan laptop dan mengoleskan kembali minyak kayu putih di bagian luar kipas, ini bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi semut dalam konsisi hidup di dalam laptop. Karena jika masih ada, semut tersebut pasti akan tidak nyaman dan satu per satu keluar dari laptop. Dan hasilnya, setelah beberapa jam laptop menyala, tidak ada satu pun semut yang keluar melalui keyboard atau kipas.

Semoga pengalaman ini membantu.

Posting Komentar untuk "Basmi Ratusan Semut di Laptop"